Berita

    Tips Liburan dengan Mobil dengan Slow Travel

    Slow travel atau slow tourism dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati libur panjang. Konsep liburan ini sangat cocok untuk orang-orang yang hobi berpetualang dan mengeksplor banyak tempat. 

    Istilah slow tourism belakang ini menjadi tren dan terinspirasi dari gerakan slow food yang ada di Roma, Italia. Untuk mengenal lebih jauh tentang konsep liburan ini Anda dapat membaca penjelasan berikut.

    Apa Itu Slow Travel?

    Mungkin banyak orang masih bertanya-tanya tentang pengertian slow tourism karena masih asing dengan istilah tersebut. slow tourism adalah perjalanan ke suatu destinasi dalam waktu yang lebih lama. 

    Dengan begitu, Anda dapat menjelajahi seluruh wilayah di destinasi tersebut dan berbaur dengan budaya dan penduduk lokal. 

    Sebenarnya slow tourism terdiri dari beberapa jenis di antaranya yaitu perjalanan darat menggunakan mobil, perjalanan bisnis, relawan pariwisata, dan backpacking. 

    3 Manfaat Liburan dengan Konsep Slow Tourism 

    Slow tourism sangat cocok untuk orang-orang yang memiliki waktu kerja yang fleksibel, sehingga bisa menghabiskan waktu lebih lama untuk berlibur di suatu tempat. Berikut beberapa manfaat berlibur dengan konsep slow tourism yang patut Anda tahu. 

    • Mendapat Lebih Banyak Pengalaman & Petualangan 

    Dengan menetap lebih lama di suatu daerah Anda bisa merasakan lebih banyak pengalaman.

    Mulai dari mengunjungi pasar tradisional, menelusuri lokasi di sekitar, mencoba masakan tradisional, berbaur dengan penduduk setempat, dan mempelajari budaya baru. 

    • Mendapat Teman Baru

    Ketika berinteraksi dengan penduduk setempat, Anda akan mendapat teman dan relasi baru. Menghabiskan waktu dan mengobrol bersama mereka akan membantu Anda menemukan perspektif baru dan pelajaran hidup yang sebelumnya belum dialami. 

    • Meningkatkan Perekonomian Warga Setempat 

    Biasanya slow travel dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang terpencil dan kurang populer. Dengan mengunjungi tempat tersebut Anda turut berkontribusi pada perekonomian warga setempat. 

    5 Tips Liburan Slow Tourism dengan Mobil 

    Sebelum melakukan perjalanan pastikan sudah mempersiapkan diri dengan baik, salah satunya dengan mengecek kondisi kendaraan. Berikut tips-tips menikmati liburan slow tourism menggunakan mobil:

    • Memeriksa Mobil

    Cek semua bagian mobil secara menyeluruh untuk memastikan kelayakannya bila perlu lakukan pengecekan di bengkel resmi. Pastikan semua komponen mobil dapat berfungsi dengan sempurna mulai dari mesin, sistem pengereman, hingga lampu-lampunya. 

    cek kondisi mobil

    Jika perlu, jangan lupa memeriksakan mobil ke bengkel resmi Suzuki terdekat. Para mekanik andal akan memeriksa dan memperbaiki masalah pada mobil tersebut agar dapat dikendarai dengan optimal.

    • Jangan Sampai Kehabisan Bahan Bakar

    Cari tahu terlebih dulu apakah di lokasi tujuan terdapat penjual bahan bakar atau tidak. Jika tidak ada pastikan Anda memiliki cadangan bensin atau solar yang cukup. 

    • Ciptakan Suasana Mobil yang Nyaman

    Karena perjalanannya full menggunakan kendaraan pribadi maka Anda harus membuat suasana mobil senyaman mungkin. Sebelum berangkat bersihkan interior dan ganti pengharum mobil dengan yang baru.

    • Jangan Memaksa Berkendara saat Terjadi Kendala

    Selama perjalanan jauh pasti ada saja kendala yang akan Anda hadapi mulai dari cuaca, kondisi tubuh yang lelah dan mengantuk, dan hal-hal lainnya. Jika mengalami kendala sebaiknya jangan memaksakan diri untuk melanjutkan perjalanan.

    • Patuhi Aturan Lalu Lintas

    Keselamatan menjadi prioritas utama selama berada di perjalanan, agar terhindar dari kecelakaan Anda harus mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku. Selain itu, jangan berkendara di atas batas kecepatan yang ditentukan untuk mencegah tabrakan.