Berita

    Ketahui Seputar Tentang Aerodinamika

    Sesuai namanya, ilmu aerodinamika sekilas ditujukan hanya untuk kendaraan udara. Namun, faktanya ilmu ini dapat diterapkan juga pada kendaraan darat yaitu mobil. Pada penjelasan berikut ini, Anda dapat berjumpa dengan pengertian, fungsi serta bagian dari ilmu ini.

    Anda dapat mengenal aliran udara melalui ilmu ini. Ilmu ini diberlakukan karena adanya angin atau udara yang dapat menghambat kecepatan kendaraan, salah satunya adalah mobil. Tujuannya adalah menemukan cara untuk melewati hambatan tersebut.

    Fungsi Aerodinamika Mobil ternyata juga dapat diberlakukan pada kehidupan sehari-hari. Misalnya, Anda dapat melewati rintangan dalam perlombaan lari dengan ilmu ini. Ilmu ini memungkinkan terjadinya pergerakan yang cepat akibat dari meminimalisir hambatan. 

    Selanjutnya, ilmu ini memiliki beberapa bagian dan gaya yang bisa Anda pelajari. Bagian dan gaya tersebut dapat Anda simak pada penjelasan berikut ini.

    Gaya dari Aerodinamika mobil

    Mobil yang melaju akan menimbulkan gaya yang berhubungan dengan ilmu ini. Gaya tersebut dibagi menjadi tiga bagian yaitu gaya lift, gaya downforce dan gaya turbulen.

    Pertama, Anda akan menemukan gaya lift atau gaya angkat ke atas. Gaya ini hadir karena adanya kecepatan yang terbentuk dari sirip, streamline dan desain mobil. Sebagai catatan, streamline adalah bentuk mobil yang difasilitasi oleh kecil atau besarnya resistansi udara.

    Kedua, adalah gaya down farce atau gaya tekan bawah. Gaya ini hadir berdasarkan dampak yang diberikan oleh desain mobil, penempatan beban, penempatan titik berat, penempatan spoiler, tambahan aksesoris pada mobil, konstruksi sasis, bentuk ban, serta bobot penumpang.

    Terakhir adalah gaya turbulen yang mungkin sudah tidak asing lagi. Gaya ini dapat ditemukan pada bagian mobil terkhususnya bagian belakang. Gaya ini dibentuk oleh angin yang berasal dari depan menuju belakang mobil hingga terbentuknya suatu pusaran.

    Bagian dari Aerodinamika

    Setelah Anda mengetahui mengenai gaya apa saja yang terbentuk dari laju mobil, Anda dapat melihat apa saja bagian dari ilmu ini pada penjelasan berikut ini.

            1. Side Skirt

    Mungkin bagi sebagian orang mengemudi dengan kecepatan tinggi adalah hal yang menyenangkan. Namun, Anda harus tetap berhati-hati untuk mengurangi resiko kecelakaan. Di sinilah dibutuhkan side skirt yang merupakan salah satu bagian dari ilmu aerodinamika.