Berita

    Ketahui Tips Aman Hindari Kriminalitas di Jalan

    Kriminalitas dapat terjadi di mana saja dan tidak mengenal tempat. Salah satu lokasi yang paling sering menjadi tempat untuk para pelaku melakukan aksi kriminalitas adalah di jalanan. Kriminalitas di jalan dapat terjadi pada siapapun, maka dari itu Anda perlu menjaga diri dengan baik-baik agar bisa hindari kriminalitas.

    Artikel ini akan menjelaskan tentang tips-tips yang bisa Anda aplikasikan supaya dapat terhindar dari tindak kriminalitas.

    Tips Hindari Kriminalitas di Jalan

    Tindak kriminalitas semakin marak, motif-motif kejahatan juga terus bertambah, kiita perlu untuk menjaga diri supaya dapat terhindar dari kriminalitas yang terjadi saat sedang di jalan. Untuk dapat menghindari kriminalitas saat berada di jalan, berikut terdapat beberapa tips yang bisa Anda perhatikan:

    • Waspada

    Bersikap waspada adalah salah satu langkah yang paling mendasar agar Anda dapat terhindar dari tindak kriminalitas di manapun kita berada. Membuat diri dalam keadaan selalu waspada adalah langkah yang paling tepat agar bisa selalu awas terhadap kondisi lingkungan sekitar.

    Kondisi tubuh yang abai terhadap lingkungan luar akan lebih sulit untuk bisa selamat dari tindakan kriminalitas. Contoh tindakan waspada ketika Anda sedang berada di jalan adalah untuk tetap terjaga dan sebisa mungkin untuk tidak tertidur. Selain itu, ketika Anda memutuskan untuk mendengarkan music menggunakan earphone, usahakan untuk mendengarkannya dengan volume yang kecil.

    • Pahami Rute Perjalanan

    Ketika Anda sedang melakukan perjalanan, langkah yang bisa Anda lakukan untuk terhindar dari kriminalitas di jalan adalah untuk selalu memahami rute menuju destinasi yang akan Anda tuju.

    Mempelajari rute saat hendak melakukan perjalanan dilakukan agar Anda tahu ke mana saja Anda harus melangkah. Dengan mengetahui rute perjalanan, Anda juga jadi akan mengetahui rute alternatif yang nantinya bisa Anda ambil, serta tempat-tempat yang sekiranya aman untuk dijadikan sebagai pemberhentian sehingga Anda bisa terhindar dari lokasi-lokasi yang rawan dengan tindak kriminal.

    • Tidak Berlebihan dalam Membawa Barang Berharga

    Langkah preventif atau tips lainnya yang bisa Anda lakukan supaya bisa terhindar dari kriminalitas di jalan adalah dengan tidak membawa barang-barang berharga secara berlebihan. 

    Apabila Anda membawa barang yang berharga dan terlalu mencolok maka dapat mengundang para orang jahat untuk melakukan aksi kriminal.

    • Kurangi Penggunaan Gawai