Berita

    Ketahui Tips Merawat Ban Mobil di Musim Kemarau

    Merawat ban di musim kemarau merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Dengan begitu, ban mobil bisa menjadi lebih awet dan tentunya keselamatan saat berkendara pun lebih terjamin, baik untuk pengemudi maupun penumpang. 

    Nah, tidak dapat dipungkiri, musim kemarau memiliki kondisi dimana temperatur harian relatif tinggi dan hujan pun memiliki kemungkinan kecil untuk turun. Ban mobil pastinya memperoleh dampak yang cukup serius dalam hal ini sehingga memerlukan perawatan.

    Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya tips perawatan ban mobil tergolong mudah dilakukan. Akan tetapi, masihlah banyak orang yang mengacuhkannya. Maka demikian, ketahui tips perawatannya melalui informasi di dalam artikel satu ini!

    4 Tips Merawat Ban di Musim Kemarau

    Karena material ban umumnya terbuat dari karet dan bahan-bahan lainnya yang rentan terhadap temperatur tinggi, maka sebaiknya lakukan perawatan dengan menerapkan sejumlah tips mudah di bawah ini:

    • Mengontrol dan Menjaga Tekanan Angin Ban

    Tips pertama yang bisa Anda lakukan untuk merawat ban ketika musim kemarau adalah mengontrol tekanan angin ban mobil secara rutin. Dengan begitu, Anda bisa tahu apakah ban mendapati kebocoran, kempes, atau dalam keadaan baik. 

    Setelah melakukan pengontrolan secara rutin, selanjutnya adalah menjaga tekanan anginnya. Pastikan tidak terlalu tinggi maupun rendah. Jika tekanan angin ban rendah, maka bisa berdampak pada masalah lainnya. 

    Contoh masalah yang biasanya didasari oleh rendahnya tekanan angin ban adalah keborosan dalam konsumsi bahan bakar sampai kerusakan pada ban sendiri. Intinya, tips satu ini menghimbau Anda untuk mengisi tekanan angin ban sesuai pabrikan.

    • Menjaga Kondisi dan Kebersihan Ban

    Sesudah mengecek dan menjaga tekanan angin, selanjutnya adalah memperhatikan kondisi dan kebersihan ban. Pastikan apakah ada yang perlu untuk dibenahi maupun dibersihkan. Misalnya saja ada kotoran atau kerikil yang tersangkut pada bagian ban. 

    Setelah itu, merawat ban di musim kemarau dilanjutkan dengan membersihkan ban secara menyeluruh. Jangan lupa buang benda asing yang menempel pada ban. Cucilah ban hingga kotoran yang menyangkut bisa menghilang. 

    • Memberikan Spooring dan Balancing

    Apabila ban mobil telah dalam kondisi sempurna, bersih, serta memiliki tekanan angin yang pas, akan tetapi jarang memperoleh treatment berupa balancing dan spooring, maka bisa dibilang itu merupakan hal yang percuma.