Berita

    Ketahui Syarat Kredit Mobil dan Aturan yang Perlu Dipahami.

    Minat masyarakat untuk bisa memiliki kendaraan roda empat makin meningkat. Imbasnya, syarat kredit mobil pun aturannya semakin diperketat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

    Meskipun begitu, lembaga pembiayaan perkreditan mobil pun kian menjamur. Mulai dari lembaga independen hingga lembaga perbankan pun memfasilitasi adanya pinjaman pembelian kendaraan roda empat ini. 

    Syarat Kredit Mobil yang Perlu Diketahui

    Nah, buat Anda yang ingin mempunyai mobil impian, bisa mulai mencari tahu mengenai syarat dalam kredit mobil. Di antaranya adalah berikut: 

    • Pilih Leasing atau Dealer Tepat

    Ada banyak dealer yang akan memberi Anda penawaran menggiurkan. Tetapi, jangan terlalu buru-buru untuk langsung mengambil keputusan. 

    Pastikan Anda mencari tahu dulu tentang dealer yang ada. Misal, mendatangi beberapa dealer mobil yang berada di dekat tempat tinggal atau kantor. Anda juga bisa bepergian ke showroom atau pameran mobil bekas untuk mengecek harga di pasaran saat ini. 

    Bila Anda mempunyai kenalan yang bekerja di leasing atau dealer mobil, jangan segan untuk berkonsultasi dengannya. Tanyakan apa saja yang berhubungan dengan kendaraan roda empat, harga, dan biaya cicilannya. 

    Usai mendapatkan informasi yang dibutuhkan, Anda bisa berkonsultasi ke pasangan mengenai kendaraan yang akan diambil. 

    Pada intinya, jangan sampai Anda tergoda dengan iming-iming bunga ringan, uang muka yang kecil, atau masa kredit yang fleksibel. Sebab, itu hanya strategi pemasaran tiap dealer. 

    • Hitung Dulu Pendapatan Bulanan

    Dealer yang terpercaya dan menyediakan mobil impian sudah diperoleh. Kini, saatnya Anda untuk menghitung penghasilan bulanan dan memastikan dana cukup untuk membayar cicilan, kebutuhan rumah tangga, serta tabungan darurat. 

    Jangan sampai hanya karena tergiur gengsi untuk memiliki mobil, kebutuhan harian dan tabungan darurat justru terabaikan. 

    Nah, untuk menghitung cicilan yang akan dibayarkan nantinya, bisa menggunakan rumus simulasi ini. 

    Misal, Anda ingin membeli mobil Avanza dengan tipe 1.5 G M/T varian terbaru. Harga pasar sekitar Rp228,5 juta rupiah. Harga tersebut belum termasuk bunga. Kemudian, Anda memberikan uang muka sebesar Rp45,7 juta. Simulasi cicilannya: 

    TenorHarga Cicilan Per BulanTotal Harga Setelah Cicilan
    12 BulanRp16.549.568Rp224.294.816
    24 BulanRp8.784.952Rp256.538.848
    36 BulanRp6.309.150Rp293.564.512
    48 BulanRp5.163.844Rp293.564.512
    60 BulanRp4.456.164Rp313.069.640