Berita

    Ketahui 5 Fitur Mobil yang Berguna saat Musim Hujan

    Berkendara di tengah kondisi hujan memang terkadang cukup mengganggu pandangan para pengendara. Dibutuhkanya beberapa fitur mobil yang tentunya sangat membantu para pengendara agar tetap bisa berkendara secara aman saat hujan.

    Mobil-mobil terbaru memang sudah memiliki fitur yang jauh lebih lengkap. Namun, fitur yang paling umum terdapat di mobil untuk membantu saat hujan adalah wiper. Letak wiper pada setiap jenis mobil hampir sama.

    Simak penjelasan di bawah ini mengenai fitur mobil yang mungkin baru saja Anda ketahui dan berguna saat hujan.

    Fitur yang Berguna saat Musim Hujan

    Terdapat 5 (lima) fitur utama yang dapat dimanfaatkan fungsinya saat hujan tiba di tengah perjalanan.

            1. Wiper

    Wiper biasa digunakan untuk membersihkan kaca secara otomatis di saat kaca basah saat hujan. Selain di kaca depan, wiper juga terdapat di kaca bagian belakang dengan fungsi yang sama.

    Para pengendara sangat terbantu dengan keberadaan wiper selama berkendara. Pasalnya, fitur mobil satu ini difungsikan untuk melihat pandangan ke depan maupun ke belakang dengan jarak pandang yang baik.

    Mulanya, wiper hanya memiliki satu pilihan kecepatan. Namun, Robert Kearns melakukan percobaan dengan beberapa pilihan kecepatan pada wiper agar bisa lebih lambat ketika hujan masih gerimis.

    Wiper pada kaca bagian depan memiliki beberapa pilihan kecepatan yang bergerak setiap 2 detik, 4 detik, hingga 6 detik. Sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengendara berdasarkan derasnya air hujan.

            2. Rear Foglamp

    Fitur ini juga dikenal dengan sebutan lampu kabut. Anda dapat menghidupkannya saat cuaca mulai gelap akibat langit yang mendung atau hujan yang baru saja turun. Namun fitur ini harus dimatikan jika sudah tidak diperlukan.

    Rear foglamp berfungsi sebagai komunikasi dan tanda yang dapat digunakan saat jarak pandang berada pada jarak yang pendek.

    Rear foglamp memiliki warna merah yang berada di bagian belakang bawah mobil dekat dengan bumper mobil Warna merahnya jauh lebih terang dibandingkan dengan warna mera pada lampu rem. 

            3. Defogger

    Defogger memang cukup asing dan masih banyak yang belum mengetahui fitur yang berguna saat musim hujan ini. Bentuk defogger berupa garis vertikal yang berada di bagian belakang kaca mobil. Fungsinya adalah untuk menghalangi visibilitas dengan cara menghilangkan embun saat hujan.