Berita

    Cara Aman Mengemudi di Jalan Sempit

    Bagi pemula, berkendara di jalanan yang tidak lebar dan sempit jadi tantangan tersendiri. Untuk itulah, Anda yang baru bisa berkendara perlu memahami tips mengemudi di jalan sempit pada artikel ini. Sebab, mengemudi di jalanan sempit tentu butuh teknik khusus menyesuaikan dengan medan jalannya.

    Biasanya, Anda perlu waspada terhadap keberadaan hewan atau pun kendaraan lain yang juga sedang lewat di jalanan sempit tersebut. Jadi, mengemudi pun harus hati-hati karena tidak bisa leluasa layaknya di jalan raya yang lebar dan luas.

    Anda dapat menerapkan berbagai tips di bawah ini agar berkendara di jalan sempit lebih aman dan bebas risiko.

    5 Tips Mengemudi di Jalan Sempit

    Ketika berkendara di jalan raya, Anda bisa menghindar ke sisi jalan ketika terjadi kecelakaan. Namun, hal tersebut tidak berlaku ketika Anda melewati jalanan sempit. Sebab, tidak tersedia cukup ruang untuk menghindar.

    Selain waspada dan hati-hati, Anda dapat berkendara di jalanan sempit dengan aman dan terhindar dari risiko kecelakaan melalui lima tips berikut ini.

    • Menjaga Konsentrasi Mengemudi

    Meskipun mengemudi di medan jalan manapun harus selalu berkonsentrasi, namun Anda butuh konsentrasi ekstra ketika sedang melewati jalanan sempit. 

    Cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga konsentrasi saat mengemudi diantaranya dengan menghindari memutar musik atau menyetel radio dalam volume yang terlalu tinggi. Sebab, jika volume suara terlalu tinggi akan menjadi pemicu yang membuat konsentrasi Anda pecah. 

    Oleh karena itu, menjaga konsentrasi jadi tips mengemudi di jalan sempit yang utama. Bila suasana berkendara tenang dan kondusif, Anda pun bisa lebih waspada terhadap jalanan di depan dan kondisi sekitarnya.

    • Mengemudi Secara Perlahan

    Selanjutnya, Anda perlu memelankan laju mobil ketika melewati jalanan sempit. Mengingat pada jalan-jalan yang sempit terdapat risiko seperti hewan, orang, atau kendaraan lain yang bisa tiba-tiba muncul di hadapan Anda.

    Alasan lain Anda harus mengemudi dengan perlahan adalah karena terdapat kemungkinan  kendaraan lain dari arah yang berlawanan ingin lewat pada saat yang bersamaan dengan Anda. 

    Jika jalanan hanya cukup untuk satu kendaraan saja, maka harus ada yang mengalah dengan mundur atau diam terlebih dahulu. Maka dari itu, Anda perlu berkendara dengan laju yang pelan untuk menghindari tabrakan atau macet di tengah jalan.

     

    mengemudi perlahan

    unsplash.com

    • Membunyikan Klakson Mobil

    Tips mengemudi di jalan sempit yang satu ini berguna sebagai pemberi tanda bagi kendaraan lain di depan Anda agar lebih waspada. 

    Begitu pula ketika Anda akan melewati sebuah tikungan pada jalan sempit, yang mana membunyikan klakson jadi keharusan agar kendaraan lain di seberang tikungan tahu bahwa Anda sedang lewat. 

    • Menjaga Posisi Kemudi 

    Ketika sedang melalui jalanan yang sempit, usahakan agar posisi mengemudi Anda terjaga keseimbangannya. Lebih tepatnya, Anda harus siap menjaga posisi tangan pada roda kemudi, lalu kaki pada pedal gas serta rem. 

    Hal tersebut bertujuan agar laju mobil tetap terasa nyaman, mengingat mobil harus diposisikan lebih rapat ke sisi kiri jalan agar dapat berbagi dengan kendaraan lain.

    • Mengemudi dengan Kepala Dingin

    Risiko terjadi cekcok dengan pengemudi lain di jalan yang sempit juga sama rentannya dengan di jalan raya. Oleh sebab itu, Anda harus mengendalikan emosi dan mengemudi dengan kepala dingin agar bisa melalui jalan yang sempit dengan lancar.