Berita

    Featured Image

    Seru! Ini Jenis-Jenis Olahraga Mobil

    Mobil tidak hanya digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari. Lebih dari itu, sebagian orang ada yang memanfaatkan mobil untuk berolahraga. Ada ragam jenis-jenis olahraga mobil yang saat ini begitu populer di kalangan masyarakat. 

    Masyarakat awam mungkin hanya mengenal balapan sebagai bentuk olahraga mobil. Padahal ada banyak jenisnya dengan detail dan aturan yang berbeda-beda. Mari cari tahu apa saja ragam olahraga mobil yang bisa kita jumpai saat ini. 

    Jenis-Jenis Olahraga Mobil

    Olahraga mobil merupakan jenis aktivitas olahraga yang menggunakan mobil sebagai salah satu alat. Tentunya dalam hal ini orang yang menggeluti bidang tersebut harus bisa mengemudikan mobil dengan benar.

    Jenis mobil yang digunakan dalam bidang olahraga ini pun berbeda dengan mobil yang dipakai untuk berkendara sehari-hari. Berikut akan dibahas satu per satu apa saja jenis-jenis olahraga mobil yang ada di sekitar kita saat ini. 

    • Drifting

    Pertama ada drifting yang sekarang semakin diminati di Indonesia. Tidak hanya di kalangan pria, drifting juga begitu populer di kalangan wanita. Bahkan ada banyak pembalap wanita yang sudah mengikuti kejuaraan. 

    Drifting itu sendiri merupakan teknik mengemudi mobil dimana mobil akan dikendalikan dalam kecepatan sangat tinggi. Bentuk lintasan drifting ini tidak lurus namun berkelok-kelok dan banyak tikungan tajam. 

    Lintasan yang berkelok-kelok membuat pengemudi harus mengendalikan mobil dalam posisi miring. Hal inilah yang ditunggu-tunggu oleh pembalap dan para penonton. 

    • Formula 1

    Kemudian ada Formula 1 yang merupakan salah satu kejuaraan mobil balap paling populer di dunia. Olahraga satu ini sudah mulai muncul dan digemari oleh masyarakat sejak tahun 1920-an. 

    Di bidang Formula 1 ini ada 4 jenis kejuaraan yang akan diperebutkan. Mulai dari Formula 1, Formula 2, Formula 3, hingga Formula 4 yang dikhususkan bagi para pemula. 

    • Rally

    Ada pula laga rally yang juga menjadi tontonan menarik bagi pencinta dunia otomotif. Rally ini merupakan balapan yang cukup unik dan menantang karena memiliki jalur yang tidak biasa. 

    Rally race akan memakai beragam jenis medan jalan sebagai lintasan. Dalam satu putaran mobil harus melaju di jalanan aspal, kemudian siap melaju di jalanan lumpur, jalanan berkerikil, dan lain sebagainya. 

    • Endurance

    Tak kalah unik dari rally race, ada juga endurance. Balapan yang satu ini akan menguji ketahanan mobil dan orang yang mengendalikannya. Mobil akan menjalani balapan selama 24 jam non-stop. 

    Dalam balapan endurance ini, nantinya akan terbukti seperti apa kualitas dan daya tahan sebuah mobil. Seperti apa performa mesinnya, fitur teknologi yang dimiliki, dan lain-lain. 

    Hasil balapan juga akan memperlihatkan bagaimana kondisi fisik pengemudinya. Selain itu, mental si pengemudi juga akan terlihat dalam kejuaraan endurance yang berjalan cukup lama ini. 

    • Offroad

    Tentunya turnamen offroad sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Banyak sekali pencinta otomotif yang kemudian menggeluti dunia offroad. Selain seru, offroad ini memang sangat menantang dan butuh keahlian khusus. 

    Offroad SuzukiUnsplash.com

    Offroad merupakan race yang memiliki lintasan ekstrem, jauh lebih ekstrem dibandingkan rally race. Lintasan yang digunakan biasanya jalan bertanah, bebatuan, bahkan bisa melewati sungai. 

    Pada bidang offroad ini, Anda harus mempersiapkan kondisi mobil sebaik mungkin. Mobil harus benar-benar kuat untuk melintasi berbagai medan. Pengemudinya pun harus memiliki keahlian khusus untuk melintasi medan-medan terjal tersebut.