Berita

    Tips Melewati Jalan yang Banyak Berlubang

    Jalan berlubang merupakan salah satu permasalahan yang sering kali ditemukan oleh para pengguna jalan. Anda perlu sangat berhati-hati ketika akan mencoba melewati kondisi jalan yang berlubang tersebut apabila ingin terhindar dari celaka.

    Artikel ini akan mencoba memberikan beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika mobil Anda melewati rute jalanan yang memiliki banyak lubang. Ikuti uraian lengkap tipsnya pada pembahasan berikut!

    6 Tips Melewati Jalan Berlubang

    Sebagai salah satu pengguna jalan, Anda perlu berkendara dengan hati-hati dan mengutamakan keselamatan tidak hanya untuk diri sendiri melainkan juga orang lain. 

    Terapkan cara-cara berkendara yang aman dan usahakan untuk selalu fokus kepada medan jalan yang dilalui. Adapun, beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa melewati jalan yang kondisinya berlubang saat berkendara antara lain ialah sebagai berikut:

    • Mengurangi Kecepatan

    Tips pertama yang perlu Anda lakukan saat menemukan jalan berlubang dan harus melewatinya, ialah dengan mengurangi kecepatan mobil Anda. 

    mengurangi kecepatan

    Hal ini penting untuk dilakukan karena apabila Anda melewati lubang jalanan dengan kecepatan tinggi, bukan hanya mobil yang bisa mengalami kerusakan melainkan Anda juga bisa celaka. 

    • Jangan Mengerem Mendadak

    Selanjutnya yang harus Anda lakukan ketika Anda berkendara dengan rute jalanan yang berlubang, yaitu sebaiknya tidak melakukan pengereman mendadak.

    Melakukan pengereman mendadak saat melewati lubang di jalan juga bisa memicu bahaya. Mencoba untuk selalu tenang dan fokus selama di jalan merupakan salah satu kunci agar perjalanan Anda bisa aman dan selamat sampai tujuan.

    • Jaga Jarak Aman

    Saat melewati medan jalan yang tidak beraturan dan terdapat banyak lubang, Anda sebaiknya menjaga jarak aman dengan kendaraan lain.

    Hal ini juga penting untuk dilakukan agar Anda bisa memberi ruang untuk pengendara di depan Anda melajukan kendaraannya di jalanan berlubang dengan hati-hati.

    Jarak yang terlalu dekat saat berkendara di medan jalan yang kurang mulus patut dihindari agar tidak terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan.

    • Jangan Sembarangan Melakukan Manuver

    Tips penting lainnya yang juga harus Anda perhatikan agar bisa melewati jalanan berlubang dengan selamat, yaitu jangan sembarangan melakukan manuver.

    Pasalnya apabila Anda melakukan manuver tanpa memperhatikan kondisi jalan sekitar, Anda tidak hanya bisa membahayakan diri sendiri tetapi juga membahayakan pengguna jalan yang lain.

    Agar hal tersebut tidak terjadi maka sebisa mungkin untuk selalu fokus terhadap kondisi jalan supaya bisa tahu medan jalan yang dilewati.

    • Periksa Komponen Mobil dan Segera Perbaiki jika Ada Kerusakan

    Setelah mobil melewati jalan berlubang, penting untuk Anda melakukan pemeriksaan terhadap komponen-komponennya dan mengidentifikasi apakah terdapat masalah. 

    Jalanan berlubang yang tidak dilalui dengan hati-hati cenderung bisa membuat beberapa komponen pada mobil menjadi rusak.

    Komponen-komponen yang berisiko mengalami kerusakan usai melewati jalanan dengan lubang yang parah antara lain, yaitu velg, ban, bearing roda, ball joint, knalpot, maupun bagian lower arm

    Apabila ditemukan kerusakan pada komponen tersebut seperti misalnya velg yang retak atau lower arm yang patah, maka Anda perlu segera membawa mobil ke bengkel untuk diperbaiki.

    • Hindari Sebisa Mungkin

    Untuk mencegah terjadinya bahaya, maka apabila terdapat lubang di rute jalanan yang akan Anda lewati, sebaiknya sebisa mungkin Anda menghindarinya. 

    Anda juga bisa mencoba mencari jalan alternatif yang kondisi jalannya tidak rusak parah dengan memanfaatkan aplikasi peta di ponsel. 

    Demikianlah pembahasan tentang tips-tips yang bisa Anda lakukan agar bisa melewati jalan berlubang. Adapun untuk meminimalisir dampaknya, maka Anda perlu dengan rutin melakukan servis supaya seluruh komponen mobil tetap dalam kondisi prima.