Berita

    Tips Aman Perawatan Mobil yang Jarang Dipakai

    Bagi Anda yang memiliki mobil yang jarang dipakai di rumah, pastikan untuk tetap merawatnya dengan tepat. Perawatan ini sangat dibutuhkan agar mobil tersebut tetap dalam kondisi prima meskipun jarang digunakan. 

    Umumnya mobil yang jarang keluar dan jarang dipakai akan memiliki risiko kerusakan yang lebih besar. Jika tidak mau menanggung biaya besar atas kerusakan tersebut, maka pastikan Anda melakukan perawatan dengan benar. 

    Perawatan Mobil yang Jarang Dipakai

    Tidak masalah jika Anda memang memiliki mobil yang tidak pernah digunakan untuk berkendara. Bisa jadi kondisi ini terjadi karena beberapa hal tertentu. Namun pastikan saja performa mobil tetap optimal selama disimpan di garasi rumah Anda. 

    Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan demi merawat kondisi mobil tersebut agar tetap baik meskipun jarang dipakai. Berikut adalah tips-tips aman perawatan mobil yang jarang digunakan agar tidak rusak:

    • Selalu Jaga Kebersihan Mobil

    Hal paling penting yang bisa Anda lakukan adalah menjaga kebersihan mobil. Meskipun jarang dipakai, mobil sebaiknya selalu dalam kondisi bersih. Jadi pastikan untuk membersihkan mobil tersebut baik dari luar maupun dalam. 

    Seringkali pemilik mobil malas untuk membersihkan mobil karena jarang digunakan. Padahal kebiasaan seperti ini bisa membuat mobil dimasuki serangga maupun tikus yang akan merusak berbagai komponen dalam mobil. 

    • Panaskan Mesin Mobil secara Rutin

    Anda juga perlu memanaskan mesin secara rutin demi menjaga performa mobil. Jika mobil tersebut jarang digunakan, maka cobalah untuk membuat jadwal rutin kapan saja perlu memanasi mesinnya. 

    panaskan mesin

    Jika mobil dibiarkan tidak menyala untuk waktu lama, maka sirkulasi di bagian mesin mobil tidak berjalan lancar. Selain itu kondisi ini juga bisa memicu terjadinya gumpalan cairan-cairan di dalam mesin mobil. 

    • Cabut Bagian Aki

    Sebaiknya cabut aki pada mobil yang jarang dipakai tadi. Hal ini dilakukan demi mencegah terjadinya korosi. 

    Jika aki dibiarkan terus terhubung maka bisa saja terjadi korosi dan penurunan performa aki yang merugikan Anda di masa depan. 

    Anda bisa melepaskan sambungan aki terlebih dahulu selama mobil tidak digunakan. Jika nanti Anda ingin memanasi mobil atau ingin menggunakannya keluar, maka sambungan aki bisa dipasang kembali. 

    • Gunakan Carbon Eliminator di Tangki Bensin

    Hal berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk merawat mobil yang jarang digunakan adalah menambahkan carbon eliminator. Anda bisa menggunakannya di bagian tangki bensin. 

    Perlu diketahui bahwa karbon di dalam tangki bensin bisa terbakar secara alami dan hal ini akan mengganggu performa mobil. Carbon eliminator ini berfungsi mengurangi kandungan karbon yang bisa muncul di tangki bensin. 

    Selain memakai carbon eliminator, Anda juga bisa memilih jenis bahan bakar Pertamax Turbo. Bahan bakar seperti ini memiliki kadar karbon yang terbilang sangat rendah sehingga bisa menjaga kondisi tangki. 

    • Lakukan Pemeriksaan Rutin

    Meskipun mobil tersebut jarang sekali Anda gunakan, pastikan untuk tetap memeriksanya secara rutin. Selain melakukan pemeriksaan sendiri di rumah, Anda juga harus membawa mobil tersebut untuk servis berkala. 

    Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda tahu apakah ada kerusakan pada komponen mobil atau tidak. Jika ada kerusakan maka bisa diketahui sedini mungkin dan bisa dilakukan perbaikan lebih cepat.