Berita

    Mengenal Fungsi Lampu Rem Mobil dan Komponennya

    Lampu rem pada kendaraan memiliki peranan penting dimana fungsi utamanya adalah untuk memberikan tanda pada pengendara lain bahwa kendaraan telah menginjak pedal sehingga pengendara jalan lain tahu.

    Fungsi dari lampu pada rem ini tidak bisa dianggap remeh, karena berbahaya jika kendaraan Anda tidak terpasang lampu ini. Bisa-bisa terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan dan sudah pasti Anda yang disalahkan. 

    Jadi sebenarnya apa fungsi dari lampu ini dan mengapa sangat penting? Apa saja komponennya? Berikut penjelasan selengkapnya!

    Fungsi Lampu Rem Mobil

    Brake light atau lampu pada rem ini berada pada bagian belakang mobil, yaitu pada kiri dan kanan mobil. Bentuknya mirip dengan lampu kota, namun warnanya merah. 

    Pada saat mobil baru dinyalakan, lampu kota yang berada di bagian belakang mobil akan menyala namun redup. Sedangkan ketika pengemudi menginjak rem, lampu tersebut akan menyala dengan cahaya yang lebih terang dan akan otomatis mati saat pijakan di lepas.

    Hal ini bisa terjadi karena pada saat pengemudi menginjak rem, daya dari brake light lebih besar dibandingkan dengan lampu kota. Fungsi dari brake light ini yaitu untuk memberi tanda pada pengemudi yang ada di belakang mobil bahwa Anda sedang menginjak rem.

    Singkatnya, saat brake light menyala terang, pengemudi yang ada di belakang mobil akan langsung tahu jika Anda sedang menginjak rem dan mereka juga akan ikut menginjak rem atau berbelok dan menyalip mobil Anda agar tidak terjadi tabrakan. 

    Sehingga, jika brake light ini tidak terpasang, pengemudi yang ada di belakang tidak akan tahu jika Anda menginjak rem. Hal ini berbahaya, dan bisa menyebabkan tabrakan. Apalagi jika Anda berkendara pada saat malam hari di jalanan yang kurang pencahayaan.

    Jika Anda sering membawa mobil untuk di servis, hal tersebut tidak akan terjadi karena teknisi akan mengecek apakah brake light berfungsi dengan baik atau tidak. Sehingga, sangat kecil kemungkinan brake light tidak berfungsi.

    Komponen Lampu pada Rem Mobil

    Setelah mengetahui fungsinya, tidak ada salahnya Anda juga mengetahui komponen-komponennya. Berikut beberapa komponen lampu pada rem mobil.

    1. Baterai. Baterai yang dimaksud disini yaitu accu mobil, yang berfungsi untuk menyimpan dan mengalirkan daya untuk lampu.
    2. Fuse atau sekring berfungsi untuk mengamankan sistem kelistrikan dari hubungan arus pendek atau korsleting. Jika terjadi korsleting, dapat terjadi kerusakan pada komponen lainnya.
    3. Pedal rem, berfungsi untuk melakukan pengereman dan membuat lampu menyala.
    4. Saklar rem, berfungsi sebagai penghubung dari baterai ke beban. Selain menghubungkan, saklar rem juga berfungsi untuk memutuskan arus listrik.
    5. Lampu rem, berfungsi mengeluarkan cahaya pada saat pedal rem di injak. Biasanya lampu ini menjadi satu dengan lampu kota dan terletak di belakang mobil.
    6. Kabel, berfungsi sebagai penghantar listrik antara komponen satu dengan komponen yang lainnya.