Berita

    Masalah Umum Sistem Audio Mobil dan Cara Mengatasinya

    Audio menjadi salah satu fasilitas penting yang dibutuhkan oleh mobil Anda. sistem audio mobil akan menjadi fitur yang membantu meningkatkan kenyamanan selama berkendara baik bagi pengemudi maupun penumpang. 

    Sayangnya seringkali sistem audio ini tidak bekerja dengan baik. Ada beberapa jenis masalah umum yang biasa dijumpai pada sistem tersebut. Mari cari tahu apa saja jenis masalah tersebut dan seperti apa cara untuk mengatasinya!

    Masalah Umum Sistem Audio Mobil

    Kerusakan pada sistem audio di mobil Anda sebenarnya hal yang sangat wajar terjadi. Berikut adalah beberapa jenis masalah umum yang biasa menyerang audio mobil dan penting untuk diwaspadai:

    • Power Tidak Berfungsi

    Pertama adalah masalah pada bagian power dimana biasanya power mati atau tidak berfungsi. Biasanya ini terjadi karena ada kerusakan sepele pada bagian fisik power atau baut. 

    Misalnya saja ada karatan di bagian baut-baut yang menghubungkan power dengan ground body mobil. Selain itu kerusakan kabel-kabel yang berhubungan dengan power juga bisa saja menjadi penyebab masalah ini. 

    • Suara Audio Terdengar Pecah

    Sering juga ditemukan adanya audio mobil yang suaranya kurang bagus dan pecah. Biasanya kondisi ini dipicu oleh kerusakan pada impedansi speaker. Lebih baik pastikan dulu impedansi speaker sudah sesuai.

    Namun bisa jadi pecahnya suara dari sistem audio ini disebabkan oleh kualitas audio yang memang kurang bagus. Kualitas audio yang buruk tentu akan menghasilkan suara yang tidak bagus bahkan terdengar pecah. 

    • Power Ampli Proteksi Aktif

    Masalah berikutnya yang juga sering dijumpai pada sistem audio mobil adalah power ampli proteksi aktif. 

    Kondisi ini akan ditandai dengan menyalanya lampu protek diikuti suara audio yang tidak bisa keluar secara normal.  

    • Kekuatan Suara Menurun

    Banyak juga pengguna mobil yang mengeluhkan adanya penurunan kekuatan suara dari audio mereka. Biasanya hal ini terjadi karena ada masalah khusus pada bagian speaker dan head unit

    Selain itu kondisi ini juga bisa dipicu karena ada kesalahan dalam proses instalasi speaker. Anda juga sebaiknya mewaspadai adanya kerusakan di bagian potensio gain jika suara dari speaker mulai mengecil. 

    • Suhu Power Ampli Cepat Panas

    Kendala lainnya adalah peningkatan suhu power ampli yang berlangsung begitu cepat. Jadi power ampli akan cepat panas dan bisa saja langsung mati. Hal ini bisa terjadi karena bukaan gain yang terlalu besar. 

    Saat bukaan gain terlalu besar, maka transistor final output akan bekerja lebih berat dan pada akhirnya mengalami peningkatan suhu. Dalam hal ini sebaiknya bukaan gain dikurangi. 

    Cara Mengatasi

    Tentunya Anda perlu mengambil solusi yang tepat sesuai dengan penyebab masalah pada sistem audio tersebut. Jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu sumber masalahnya. 

     

    Cara Mengatasi Masalah Sistem Audio Mobil

    Freepik.com

    Hal ini bisa jadi sulit untuk dilakukan dan Anda mungkin membutuhkan bantuan ahli atau profesional. Cobalah untuk membawa mobil Anda ke bengkel khusus audio mobil agar bisa ditelusuri penyebab kerusakannya. 

    Namun tak ada salahnya untuk memeriksa sendiri sebelum menyerahkan masalah ini kepada ahlinya. Anda bisa coba melakukan pemeriksaan pada sistem audio dan memperbaiki instalasinya jika memang kurang optimal. 

    Sebenarnya kerusakan pada sistem audio ini bisa jadi cukup kompleks. Mungkin akan sulit untuk mencari tahu kerusakannya dimana dan apa yang harus dilakukan. Jadi menyerahkan kepada ahlinya adalah sebuah keputusan yang tepat.