Berita

    Tips Melindungi dan Merawat Mobil ketika di Musim Panas

    Cuaca panas yang cukup ekstrem di Indonesia membuat Anda harus melakukan perhatian yang lebih dalam merawat mobil. Pasalnya, suhu udara yang tinggi bisa memengaruhi performa kendaraan baik dalam hal tampilan maupun kondisi mesin. 

    Bodi mobil yang dibiarkan terpapar matahari akan membuat warna cat menjadi cepat pudar dan kusam. Sedangkan mesin mobil yang tidak terawat bisa memicu terjadinya kebakaran. 

    Lalu, bagaimana cara perawatan yang tepat agar kondisi mobil tetap terjaga saat musim panas? Berikut penjelasannya. 

    Begini Tips & Trik Merawat Mobil Saat Musim Panas Tiba

    Mobil yang digunakan saat musim kemarau membuat mesin menjadi lebih cepat panas. Sebenarnya, teknik perawatan untuk mobil saat musim panas seperti saat ini lebih ringan dibandingkan musim hujan. 

    Meskipun demikian, setiap bentuk perawatan tersebut tidak boleh dianggap remeh karena bisa berdampak negatif bagi performa mobil. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa tips dan trik perawatan mobil secara mandiri. 

    • Memarkir Mobil di Area Teduh

    Tips pertama untuk melindungi mobil dari paparan sinar matahari adalah dengan memilih tempat parkir di area yang teduh. Dengan demikian, warna cat pada mobil tidak akan cepat kusam. 

    Selain itu, jangan lupa untuk membuka sedikit kaca jendela mobil agar kabin tidak terlalu panas. 

    • Mengeluarkan Semua Barang yang Mudah Terbakar

    Setelah memarkir mobil, biasakan untuk mengecek ulang barang apa saja yang ada di dalam mobil. Hindari menyimpan barang-barang yang terindikasi mudah terbakar. 

    Beberapa kasus kebakaran mobil terjadi akibat adanya powerbank dan korek api yang terbakar karena terlalu lama terkena sinar matahari. 

    • Merawat Eksterior Mobil

    Selain memarkir mobil di tempat yang teduh, Anda juga bisa melakukan perawatan pada mobil dengan cara mencucinya minimal seminggu sekali untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. 

    Selain itu, bisa juga dengan cara memoles bodi mobil untuk mengantisipasi warna cat menjadi pudar akibat terlalu sering terpapar sinar matahari. 

    Pexels
    • Memantau Tekanan Udara Ban 

    Merawat mobil tidak hanya fokus pada bodi saja, performa ban pun juga harus dijaga untuk menghindari terjadinya ban yang meletus.