Berita

    Penyebab Speedometer Mobil Mati & Cara Mengatasinya

    Mobil yang biasa menemani anda kemanapun, terdiri dari berbagai komponen dengan fungsi dan kegunaannya masing masing. Ketika ingin melihat kondisi kendaraan, secara otomatis anda akan melihat speedometer. Dengan adanya speedometer, berkendara menjadi terasa aman dan nyaman. Namun pernahkah Anda mendapati jarum speedometer tiba-tiba tidak bergerak atau justru berjalan tidak stabil? Penyebab speedometer mobil mati atau rusak pun bisa diakibatkan oleh beberapa hal.  

    Simak apa saja penyebabnya dan bagaimana cara untuk mengatasinya agar dapat bekerja normal kembali.  

    Penyebab Speedometer Mobil Mati yang Wajib Diketahui  

    Tanpa speedometer, Anda akan kesulitan untuk mengetahui seberapa cepat mobil sedang melaju. Tanpa informasi ini, Anda bisa saja berada di luar kendali dan mengalami kecelakaan pada saat menikung atau ingin menyalip kendaraan lainnya.  

    Speedometer adalah alat pengukur kecepatan dengan hitungan kilometer per jam. Alat ini tak hanya digunakan pada mobil tetapi juga kendaraan bermotor seperti sepeda motor, bus dan juga truck. Jenis dari speedometer ada dua yaitu analog dan juga digital. Jika analog sistemnya memanfaatkan roda gigi dan poros roda, speedometer digital memanfaatkan komputasi pulsa magnetik dan pulser.  

    Penyebab speedometer mobil mati pun dibedakan menjadi berikut ini.

            1. Mati Karena Permasalahan Sistem Kelistrikan

    Speedometer pada dasarnya memiliki hubungan erat dengan sistem kelistrikan mobil. Dengan demikian, jika sistem kelistrikan mobil mengalami gangguan, speedometer juga bisa terganggu atau bahkan mati. Untuk memastikan penyebab speedometer mati adalah masalah sistem kelistrikan, pemilik kendaraan atau pihak bengkel perlu memeriksa jalur kabel yang menuju speedometer.

    Pemeriksaan bagian kabel yang terhubung dengan speedometer harus dicek pertama kali. Anda bisa mengecek apakah muncul aliran listrik pada kabel tersebut atau tidak. Jika tidak maka sebaiknya segera ganti dengan kabel yang baru. Sistem kelistrikan yang konslet biasanya juga tidak hanya mempengaruhi speedometer saja tetapi juga komponen lain. Misalnya saja lampu mobil yang menyala redup atau mobil susah untuk di-starter.  

             2. Panel Yang Error Di Speedometer

    Selain karena sistem kelistrikan yang rusak, penyebab speedometer mobil mati bisa juga dikarenakan panelnya yang error. Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu faktor yang menyebabkan speedometer mobil rusak bahkan mati total yaitu dikarenakan panel yang error atau rusak.