Berita

    Kenali Fungsi & Bagian Dashboard Mobil

    Saat kita masuk ke dalam mobil atau mengendarainya, kita pasti sering melihat bagian depan interior mobil. Bagian depan yang tepat di belakang kaca tersebut disebut sebagai dashboard mobil yang punya banyak fungsi.

    Dashboard umumnya terdapat di semua tipe mobil. Anda bisa menemukannya di mobil bertipe SUV, MPV, bahkan truk sekalipun. Lalu apa saja sih fungsi dan juga bagian-bagiannya? Untuk yang penasaran, berikut sudah kami rangkum penjelasannya di bawah ini.

    Penjelasan Dashboard Mobil dan Fungsinya

    Dashboard mobil adalah bagian interior mobil. Bagian tersebut masih termasuk ke dalam bagian kabin mobil yang letaknya berada paling depan.

    Fungsi utama dari dashboard yaitu untuk menempatkan berbagai panel indikator yang ada di dalam mobil.  Selain itu juga punya beberapa fungsi sebagai berikut:

    • Pemisah antara tempat duduk pengemudi dan bagian depan mobil.
    • Memberikan kenyamanan ekstra bagi para pengemudi maupun penumpang.
    • Berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan komponen mobil yang saling berhubungan dan mendukung antara satu dengan yang lainnya.

    Bagian-Bagian yang Ada Pada Dashboard

    Setelah mengenal apa itu dashboard mobil, kenali juga apa saja bagian-bagiannya. Berikut sudah kami rangkum sejumlah bagian-bagian yang ada pada dashboard dan fungsinya.

    1.  Head Unit

    Bagian dashboard mobil yang pertama ini merupakan yang paling populer. Head unit merupakan fitur hiburan yang ada di dalam kabin mobil. Contohnya seperti fitur audio, layar sentuh, dan lainnya.

    Fitur di dalam head unit juga bisa ditambah seiring dengan banyaknya jenis aksesoris yang saat ini bisa Anda beli.

    2.  Laci Mobil

    Laci pada dashboard merupakan salah satu bagian yang sangat mudah sekali untuk dikenali. Letaknya tepat berada di depan kursi penumpang yang berada di samping pengemudi. Fungsinya yaitu untuk menyimpan berbagai macam barang-barang.

    Laci juga bisa Anda gunakan untuk menyimpan kotak P3K. Selain itu juga bisa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan buku asuransi.

    3.  Kunci Kontak Kendaraan

    Bagian ini paling penting sekali karena berfungsi untuk menghidupkan mobil. Kunci kontak berada tepat berdekatan dengan setir, atau lebih tepatnya di sebelah kanan bawah setir mobil.

    Selain itu, saat ini ada juga cara lain untuk menghidupkan mobil melalui tombol. Biasanya tombol untuk menghidupkan mobil ini terletak di bagian dashboard. Artinya, saat ini jenis-jenis kontak berbeda-beda tergantung tipe mobilnya.